Sistem BIOS Rusak


Sistem BIOS Rusak

Cuma ingin berbagi pengalaman saja, saya pernah mengalami permasalahan pada BIOS, yang menurut analisa saya di sebabkan oleh baterai CMOS yang sudah habis namun tidak kunjung saya ganti. Mungkin sebagian orang sudah mengetahui hal ini,  jadi solusinya tinggal ganti saja. Tapi bagaimana bila tidak diganti !! Nah ini dia, yang akan saya bahas.

 

Spesifikasi PC :

Processor P4 1,8 Ghz

Mainboard Amtron 945 LM

Memory 1 Gb

Hardisk 40 Gb

Chasing Merk Sami (???)

Jadi begini pengalaman saya, komputer dengan spesifikasi di atas merupakan komputer client pada warnet saya (NB : Operator Warnet). Pada suatu hari, Sistem BIOS komputer tersebut mengindikasikan bahwa baterai CMOS telah habis. Bagaimana indikasinya ? Indikasinya adalah tanggal dan jam pada sistem BIOS kembali ke nilai awal atau setingan dari pabrik, ada yang bilang tanggal dan jam mainboard tersebut di buat (???). Jadi jam dan tanggal minta di set ulang di sesuaikan dengan tanggal dan jam hari itu, tapi hal tersebut saya biarkan karena saya anggap masih cukup waktu untuk baterai CMOS bertahan. Tapi entah sudah berapa hari atau mungkin minggu baterai tersebut tidak saya ganti, dan di luar dugaan saya hal tersebut berpengaruh terhadap sistem BIOS, bagaimana pengaruhnya komputer mati setelah nyala beberapa menit. Mungkin ada yang bilang hal tersebut terjadi bukan karena sistem BIOS rusak tapi karena tegangan Power Supply atau dan lain yang tidak beres namun saya telah melakukan pengecekan di sana sini (kayak mondar – mondir saja ya 🙂 ).

Ok, kita lanjut lagi. Ternyata hasil pengecekan menunjukkan semuanya normal, dan akhirnya saya menganalisa bahwa hal tersebut di sebabkan oleh baterai CMOS yang tidak kunjung saya ganti.

Jadi saran saya “GANTILAH BATERAI CMOS SEGERA, APABILA MEMANG TELAH HABIS DAN HARUS DI GANTI, JANGAN SAMPAI ANDA MENYESAL SEPERTI SAYA 🙂 “

    • wawan
    • October 24th, 2011

    emang bisa sebabkan tidak ada tampilan di monitor ya?

    • maksudnya gmna, bisa lebih jelas ? Trim’s ya udah mau mampir

    • ando
    • November 16th, 2011

    jika bios rusak apa yag dilakuka

    • klo bios rusak bisa di coba untuk di flashing bios, tapi jangan lupa download dulu file biosnya 🙂 . Trima kasih dah mampir

    • dida
    • June 9th, 2013

    klo bios rusak apakah bisa masuk di sistem operasi?

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

