Virus di PC kita


Virus di PC Kita

Virus

Definisi :

Deteksi Virus di PC kita, bagaimana caranya ? Pakai anti virus dong. Tapi ada cara lain untuk mendeteksi virus pada PC kita. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Buka semua hidden properties pada PC kita (ini yang biasa lakukan), caranya buka windows explorer klik pada menu Tool > Folder Option > Tab View > Klik Option (show hidden file and folder) serta hilangkan centang pada checkbox (hide for known file types dan hide protected operating system file).

Beberapa indikasi PC yang telah terinfeksi virus, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Folder Option dalam Menu Tools pada windows explorer tidak muncul
  2. Option Run pada Start Menu terdisable (bukan kita yang mendisable)
  3. Regedit serta MSConfig tidak dapat di akses (dibuka)

Ini adalah beberapa indikasi bahwa PC kita telah terinfeksi virus, hal ini merupakan pengalaman yang pernah saya temui di lapangan. Dan apabila PC belum terinfeksi dan semua hidden properties pada PC kita telah terbuka semua maka virus akan dapat terlihat secara langsung terutama virus yang terdapat di flashdisk kita.

Beberapa dampak virus yang sering saya temui, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Apabila flashdisk terinfeksi virus maka virus akan menghidden (menyembunyikan file) terutama yang terdapat dalam sebuah folder dan menampilkan folder yang merupakan shortcut yang dibuat oleh virus dan mirip dengan folder aslinya namun folder tersebut merupakan folder yang di buat oleh virus dan setiap kita mengaksesnya maka virus akan semakin berkembang dan menjalar ke PC kita. Solusinya adalah buka semua hidden file termasuk file sistem maka akan tampil file asli yang telah di hidden oleh virus dan tinggal kita hapus file buatan virus yang tidak terhidden dan membuka hidden file atau folder yang terhidden oleh virus dengan cara blok semua file atau folder dan klik kanan pada mouse dan pilih properties, kemudian hilangkan centang hiddennya.
  2. Virus shortcut yang sering saya temui pada flashdisk yang masuk ke PC saya. Jika anda menggunakan anti virus terutama yang up to date. Maka virus tersebut akan secara otomatis di hapus oleh program anti virus tersebut. Jika tidak hapus saja secara manual tapi jangan di klik, cukup di blok saja dan tekan Shif + Del untuk menghapusnya secara permanen.
  3. Virus yang membuat PC kita restart. Virus tersebut menyerang file service windows dan memunculkan kotak dialog yang tidak memiliki tombol lain kecuali tombol OK, yang artinya anda menyetujui proses restart yang akan di jalankan. Kotak dialog tersebut tidak dapat di close maupun di End Task menggunakan Task Manager serta akan tampil juga dalam kotak dialog tersebut waktu hitungan mundur sebelum proses restart di jalankan. Solusinya adalah disable service RPC yang ada di windows, tapi jika itu terlalu sulit bagi anda. Maka terpaksa di instal ulang (gitu saja kok repot !)

Demikian pengalaman yang ingin saya bagi kepada anda, di lain waktu akan saya posting lagi beberapa hal tentang virus.

Advertisements
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: